Wajib Dicoba, Inilah 5 Cara Memperbanyak ASI Secara Cepat dan Alami

Kasimura.My.Id - Para ibu pastinya sangat senang ketika melihat buah hatinya lahir dengan sehat. Tapi terkadang kebahagiaan itu tidak serta merta diikuti dengan lancarnya produksi air susu ibu (ASI), sehingga tidak jarang hal ini bisa menjadi pemicu stres bagi para ibu-ibu yang produksi air susunya tidak lancar. Akhirnya dengan terpaksa harus berpindah menggunakan susu formula, padahal bayi yang baru lahir minimal 6 bulan pertama harus tercukupi kebutuhan ASI nya untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena di dalam ASI itu terdapat zat antibodi yang sangat diperlukan oleh si bayi.

Nah, apakah anda termasuk dari ibu-ibu yang mengalami masalah dengan produksi ASI yang sedikit? Jika iya, jangan terburu-buru untuk segera memberikan susu formula ya bund, karena bunda bisa mencoba terlebih dahulu 5 cara memperbanyak ASI secara cepat dan alami yang akan saya share di sini.
Wajib Dicoba, Inilah 5 Cara Memperbanyak ASI Secara Cepat dan Alami
5 Cara Memperbanyak ASI Secara Cepat dan Alami

Yuk Bund.. Jangan hanya di baca ya, tapi wajib dicoba agar produksi ASI bunda bisa lancar jaya. Hehe..

1. Konsisten Menyusui Bayi
Cara yang terbaik untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan cara konsisten untuk menyusui si bayi. Mengapa begitu? Karena ini berkaitan erat dengan proses stimulus, semakin sering bunda menyusui dedek bayi, maka kelenjar susu akan terstimulus untuk selalu memproduksi ASI lagi dan lagi, dan akhirnya semakin sering bunda menyusui, insyAllah produksi ASI bunda akan semakin melimpah dari hari ke hari.

2. Biarkan Bayi Menyusu Sepuasnya
Jika bunda sedang menyusui dedek bayi, biarkan si bayi itu menyusu sepuasnya sampai dia kenyang. Jika si bayi belum merasa kenyang, sebaiknya jangan dihentikan. Ini penting juga berkaitan dengan poin 1 di atas tadi ya bund. Jika si bayi sudah merasa kenyang, maka dia akan berhenti menyusu dengan sendirinya. O ya bund, jangan lupa untuk memberikan ASI dengan cara bergantian payudara kiri dengan yang kanan ya.

3. Memompa Payudara
Salah satu cara yang bisa bunda lakukan untuk menstimulus produksi ASI lebih banyak dan lebih lancar adalah dengan cara memompa payudara diantara jeda waktu menyusui. Gunanya untuk apa? Gunanya untuk merangsang kelenjar susu agar memproduksi ASI lebih banyak. Cobalah untuk memompa masing-masing payudara sekitar 10 menit setiap harinya di sela-sela ketika bunda sedang tidak menyusui.

4. Hindari Stres Berlebih
Banyak ibu-ibu yang tidak sadar bahwa faktor yang membuat minimnya produksi ASI adalah tingkat stres yang berlebih. Bagaimana tidak stres, seorang ibu yang baru saja melahirkan  harus menyusui bayinya, mengurus rumah, mungkin juga masih begadang ketika bayinya tidak bisa tidur, atau hal-hal lain yang bisa menjadi beban psikologis lainnya. Sehingga efek dari ini semua adalah produksi ASI menjadi tidak lancar. Cobalah bunda untuk mengatur jam istirahat di sela-sela aktifitas keseharian, dan juga mintalah bantuan pasangan anda untuk membantu anda mengatur urusan rumah. Dengan begitu, bunda bisa istirahat cukup, stres berkurang, dan insyAllah jika pikiran tenang, produksi ASI juga menjadi lebih lancar.

5. Konsumsi Suplemen Penambah ASI
Jika bunda sudah mencoba 4 tips di atas, kok masih susah saja untuk memproduksi ASI atau ASI yang keluar hanya sedikit. Maka tidak ada salahnya ketika bunda menambahkan suplemen penambah ASI atau ASI Booster untuk membantu memperbanyak produksi ASI bunda. Banyak sekali suplemen di luar sana yang bisa bunda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan bunda. Tapi jangan asal pilih ya bund, pilihlah suplemen yang memang aman dan tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari. Selain dengan konsumsi suplemen, bunda juga bisa menambah suplemen dari bahan makanan, misalnya buah-buahan, biji-bijian, bubur, dan gandum. Bahan makanan ini juga bisa membantu bunda untuk memproduksi ASI lebih banyak dengan cara yang alami.

Baca Juga : Cukup Konsumsi Ini 2x Sehari Saja, ASI Lancar dan Melimpah

Nah, itulah bunda tips 5 cara memperbanyak ASI secara cepat dan alami. Silakan dicoba ya bunda. Semoga dedek bayi bunda bisa tercukupi kebutuhan ASI nya sampai 2 tahun ke depan, karena ini adalah Golden Momen yang harus dimaksimalkan, agar pertumbuhan dedek bayi juga bisa maksimal untuk jangka panjang.

Selamat Mencoba Bunda, dan Semoga Bermanfaat. 
LihatTutupKomentar